KOLABORASI DIOR DAN GRUP BTS

Awal Mei, designer lini pakaian laki-laki Dior, Kim Jones, membagikan di Instagram-nya bahwa ia menyiapkan desain khusus yang akan dipakai oleh boyband kpop nomor satu saat ini, BTS, di konser dunia mereka.

Membicarakan kultur k-pop dengan grupnya (baik itu laki-laki maupun perempuan) dengan bisnis high fashion terdengar amat mustahil beberapa tahun lalu. Dunia hiburan k-pop nampak seperti ranah yang tak akan disentuh oleh designer dunia. Tapi itu semua berubah di era media sosial. Dimana informasi beredar dengan cepat, dan para idola diakses dengan mudah lewat akun Instagram mereka. Promosi adalah segalanya.

Di tengah kevakuman grup lain, BIG BANG dengan segala masalah dan member yang sedang wajib militer, nampak BTS dengan mudah menguasai panggung. Dan semua orang ingin mendapatkan bagian dari kesuksesan kelompok ini. Termasuk Kim Jones yang baru setahun lebih meninggalkan Louis Vuitton di puncak kariernya. Dan perlu dicatat, ini pertama kalinya Dior membuat kostum untuk kelompok musik pop laki-laki.

Dari sketsa terlihat, dan kemudian dari foto-foto panggung konser mereka di Los Angeles, Dior membuat set kostum yang didominasi oleh celana cargo, jaket bergaya militer yang terinspirasi dari koleksi Pre-Fall 2019 Dior Homme. Jika mengingat bahwa grup ini memakai Dior saat muncul di sebuah event Desember 2018 lalu, tentunya kolaborasi BTS dengan Kim Jones sudah dicanangkan jauh-jauh hari.

Dengan kesuksesan global k-pop, para individu-individu yang berkarier di dalam industri itu pun mudah mendapat kolaborasi dengan banyak brand ternama. Wajah-wajah bintang k-pop kini makin lumrah duduk paling depan di fashion week. Mereka jadi jalur pemasaran paling pas untuk wilayah Asia. Selain BTS, masih banyak musisi dan aktor-aktor dari industri hiburan Korea yang memperluas pengaruh dan popularitas mereka lewat fashion.

Image: Dior, Kim Jones, SCMP

Comments

comments