Week-enders’ List

FILM:

Yang bisa jadi pilihan akhir pekan ini hanya ada tiga. Film yang dibintangi laki-laki dewasa cuma satu. Dua film lain ada dikategori young adults, diperuntukkan bagi penonton remaja hingga hampir dewasa. RIPD yang dibintangi oleh Jeff Bridges dan Ryan Reynolds. Film laga komedi dengan bumbu metafisik. Mengingatkan pada Men in Black, hampir mirip. Film hiburan yang tak perlu banyak pikir menontonnya. Plot sangat sederhana, agak membuang-buang bakat yang dimiliki oleh Jeff dan Ryan sebenarnya. Keduanya adalah anggota kepolisian dunia akhirat yang harus menjaga dunia dari roh-roh jahat yang belum rela untuk menuju akhirat. Klise sekali, kan? Tapi, cukup ringan untuk ditonton di akhir pekan bersama pasangan. Nggak usah nonton film ‘berat’ melulu.

 

CHATS:

Kanye West membalas sindiran Presiden Obama pada dirinya dan Kim Kardashian. It’s actually none of our business, tapi Kanye memang tak ada matinya soal memancing kontroversi. Istilah kata, Presiden Amerika Serikat saja ia lawan. Entah apa yang bisa menurunkan ego laki-laki yang baru saja memiliki anak bersama kekasihnya itu. Presiden Obama mencontohkan popularitas Kanye dan kehidupan Kim sebagai tolok ukur kesuksesan warga Amerika yang bias. Tidak cukup di situ, kabarnya pihak keluarga Kim juga mulai jengah dengan sikap Kanye yang gemar mengatur-ngatur. Bossy. There you go. Berita ini akan membuat otak kita rileks seketika. Setuju?

 

READ:

Alexander Wang adalah desainer yang benar-benar mencuri perhatian dunia setahun terakhir. Baru saja ditunjuk untuk memegang departemen desain di Balenciaga, label pribadinya juga terus berkembang seiring popularitasnya meningkat. Portal fashion BOF (Business of Fashion) baru saja merilis artikel mengenai estetika desain seorang Alexander Wang. Sangat menarik disimak. Mungkin agak berat bagi pembaca awam, tapi menarik bagi mereka yang barangkali ingin tahu isi kepala Wang dan semua kegemarannya akan warna hitam. Sila lanjutkan ke web resmi Business of Fashion.

 

HANGOUT:

Editor in Chief, Stanley Dirga, kami baru saja berkunjung ke Blacklisted Coffee di Pondok Indah. Coffee joint yang baru membuka outlet terbaru mereka di Pondok Indah Mall dan Lotte Mart di kawasan Mega Kuningan, Jakarta. Tidak begitu besar, didominasi nuansa hitam dan kuning yang catchy. Lantai berupa susunan konblok mirip trotoar dan dinding bata putih. Kopi mereka cukup mencuri perhatian. Buat kalian yang sedang menghindari gula, kopi mereka ada yang disajikan tanpa gula. But, it taste originally sweet. Tanpa pemanis apapun. Rahasianya adalah kopi yang dipanggang hingga kecoklatan, sehingga rasa manis kopi (dari coffee berries) tetap tertinggal di biji kopi. Coba juga Blacklisted burger mereka. Burger dengan presentasi cukup menyegarkan. Roti berwarna hitam karena dibuat dengan campuran tinta cumi. Eksotik. Tapi, kopi mereka memang mantap.

 

SONG:

This is not a new thing. Album yang tua sekali malahan. Tapi kami baru menemukan kembali sebuah kompilasi super keren bernama BLUE NOTE – The Ultimate Jazz Collection. Sound yang begitu tua, lewat dari era vintage. It’s just that old. But too damn sweet. Lagu yang memberi nuansa sexy saat baru bangun pagi, lalu melangkah ke shower. For the old soul it is. Dance to your car and start the engine seiring suara saxophone melengking sensual. John Coltrane, Miles Davis, Grant Green, Kenny Burrell, Lee Morgan, dan masih banyak lagi. A very solid album. Bukan untuk telinga dan otak yang mediocre. Serius. Play it in your car, you could feel like an instant genius. Timeless. Harus dikoleksi.

 

EVENT:

Sebuah tempat di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan, bernama Salihara sedang menyelenggarakan Bienal Sastra Salihara 2013. Kegiatan tahunan mereka yang nampaknya sukses, sehingga ada terus dari tahun ke tahun. Salihara adalah galeri, gedung pertemuan, tempat pementasan, public space, dan masih banyak lagi fungsi yang mereka jalankan. Tahun ini Bienal Sastra Salihara mengangkat tema ‘Sirkus Sastra,’ ada begitu banyak kegiatan yang bisa kamu ikuti bila ingin mengetahui sejauh mana sense of art di dalam dirimu. You never know what kind of artists you have inside yourself. Give it a try. Menyukai puisi, novel atau pementasan teatrikal? Ini saat yang tepat. Berlangsung dari April sampai Oktober 2013, salah satu pertunjukkan yang sangat dinantikan – oleh kami juga – tentu pertunjukkan sirkusnya itu sendiri. Masih cukup misterius, you might wanna ask the committee directly tentang sirkus itu.