The Ugly Sneakers Trend

Kalau boleh kami bilang, ini adalah trend yang cukup tak terduga. Sampai beberapa musim lalu, nampaknya semua sneakers masih terobsesi dengan siluet yang ramping, warna-warna yang minimalis. Atau bahkan rilisan sneakers yang sekilas terinspirasi dari Adidas Stan Smith, untuk melengkapi gaya monokromatis nan minimalis yang sempat memuncaki lingkaran trend.

Lalu, seiring gaya berpakaian serba minimalis mulai ditinggalkan – kaum monokromatis mulai berani menyelipkan warna pada outfit mereka. Siluet pas badan berganti menjadi semua yang sedikit kebesaran – oversized. Dari celana, sampai luaran menjadi tampak lebih longgar. Dan ternyata, footwear pun menyusul.

Dua musim terakhir, trend ugly shoes ini semakin besar. Sebagian mengatakannya adalah trend sepatu tennis usang yang kembali lagi. Atau trend sepatu yang biasa dikenakan para Ayah. Tidak trendy. Namun, karena banyak yang memakai, it becomes trendy. Rata-rata mereka sama. Siluet sneakers yang tebal (chunky), solnya juga tebal, dan paduan warna-warna mencolok dengan kesan agak norak. Ada nuansa 80 dan 90an.

Salah satu yang masih bertahan sampai sekarang, dan sebenarnya adalah pionir merupakan Adidas Raf Simons Ozweego yang pertama kali dirilis untuk fall winter 2013. Rilisan ini bertahan hingga Ozweego 3 yang rilis akhir tahun 2017 dengan warna-warna lebih seru. Dari siluet Ozweego sendiri, solnya yang agak tinggi dan tebal nampak menjadi inspirasi sneakers lain dalam siklus trend yang sama.

Skechers di tahun 90an sempat merilis seri D’Lites dengan siluet yang agak mirip. Dengan popularitas chunky sneakers, seri D’Lites dirilis ulang. FILA merilis seri Disruptor yang juga tebal, dan populer di kalangan perempuan. Dari Nike, ada seri Air Max 97 yang popularitasnya sedang menanjak. Terlebih karena harganya yang tak begitu mahal. Varian Air Max 97 ini pun lumayan banyak.

Tapi, yang paling fenomenal? Balenciaga Triple S. Sneakers yang benar-benar tebal secara siluet, bahkan sol-nya nampak berlapis-lapis (ada 3 lapis). Begitu populernya, seri ini muncul dalam varian kombinasi warna yang terus diperbanyak. Zara pun merilis versi mereka, yang nampak menggabungkan inspirasi dari Ozweego, namun dengan paduan warna yang sangat Balenciaga.

Lihat sederet sneakers tebal yang masuk dalam trend ini, di halaman ini. Is this a trend you would adopt? Bagaimana menurut kalian?

Comments

comments