To Do : Trim Those Pants Now

Harus diingat. Bahwa, memiliki celana yang sesuai dengan siluet kaki, bukan berarti kamu harus memakai celana bahan atau jeans dengan tipe skinny. Beberapa orang pantas terlihat menggunakan skinny jeans. Tapi, sepantas-pantasnya semua orang mengenakan skinny jeans-pun, ada satu titik di mana semua mata yang melihat akan menduga-duga betapa tidak nyamannya memakai celana yang terlalu ketat.

Bila kamu adalah rockstar dan menggemari skinny jeans itu urusan lain. Apalagi, bila kamu adalah penyanyi hip hop yang selalu memakai celana baggy. Itu juga topik yang tidak akan kamu temukan di sini. Kami percaya dengan well-fitted pants yang punya nilai klasik. Mereka sudah beredar sejak puluhan tahun lalu. Therefore, yang harus kamu pakai dan miliki sebenarnya adalah celana dengan siluet ramping. Slim fitting pants. Mengikuti lekuk kaki, tapi tidak membungkus rapat. Menyokong bagian bokong dengan sesuai, tidak terlalu ketat, tidak pula semacam kelebihan bahan di sebelah situ.

Celanamu harus cukup ramping, sehingga saat melangkah kamu tidak perlu merasa ada udara yang lapang di dalam pipa celanamu. Langkahmu tidak seperti diikuti udara karena kelebihan bahan. Kami akui, merampingkan celana nampak mudah, tapi nyatanya sangat sulit. Kuncinya memang, mengenal tukang jahit yang bisa memahami keinginanmu dalam merampingkan celana. Karena ada tukang jahit yang mengaku bisa merampingkan celanamu, tapi yang mereka ‘sesuaikan’ hanya bagian betis sementara bagian paha tidak mengikuti bagian betis. Kamu seperti memakai celana jodphur. Bagian betis dan paha harus berkesesuaian.

Setelah itu putuskan, apakah ujung hem bawah celana akan jatuh persis di mata kaki atau di atasnya sedikit. Pilihan ini akan menentukan kesesuaian ujung celana dan sepatu yang akan kamu pakai. Apalagi bila kamu sedang gemar mengenakan celana ramping dengan sepatu tanpa kaos kaki (kami akan bahas itu di artikel berikutnya). Bila kamu merampingkan jeansmu dan masih ingin mempertahankan kelebihan hem, karena masih ingin memperlihatkan aksen gulungan di ujung celana, sampaikan juga hal itu pada si penjahit.

We tell you, perjalanan menemukan penjahit yang paham semua keinginanmu adalah perjalanan yang (bisa saja) sulit.