Remember The Moustache of November

Movember. Sebuah idiom populer yang merupakan gabungan dari kata ‘Moustache’ – kumis, dan November. Sebuah kesadaran sosial, yang semakin ke sini menjadi cukup populer di antara dinamisnya budaya populer. Meski, pesan utama dari gerakan ini adalah meningkatkan kesadaran di antara kita, laki-laki, akan bahaya penyakit kanker yang mungkin menyerang.

Agak lucu membayangkan, bahwa kumis yang kita pelihara selama sebulan penuh November ini (yap, Movember berlangsung selama bulan November), bertujuan mengingatkan laki-laki lain di sekeliling kita untuk melakukan tindakan-tindakan preventif mencegah kanker itu sendiri. Langkah-langkah itu antara lain: mendeteksi kemungkinan penyakit kanker lebih awal (kanker prostat, misalnya), memperhatikan riwayat penyakit di dalam lingkungan keluarga, dan mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat, sehingga angka kematian bisa ditekan.

Bukan tipe tulisan yang sering kami buat memang, tapi Movember bak menggabungkan keinginan untuk menjadi lebih maskulin (laki-laki dengan kumis selalu terlihat begitu, bukan?) dengan membawa pesan positif tentang kesehatan. Bulan ini menjadi bulan yang penting bagi kaum laki-laki, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Meningkatkan kesadaran akan kesehatan pribadi.

On the side note, ini jadi kesempatan untuk memelihara kumismu sebulan penuh. Hadirnya kumis, bahkan kumis tipis sekalipun, mampu mengubah wajah seseorang cukup drastis. Apalagi bila kamu punya gen yang bagus untuk mendukung memiliki kumis tebal yang bisa ‘diatur’ alias ditata. Dengan kata lain, kumis membawa personal style ke tingkat yang unik, berbeda, konservatif nampaknya namun tetap dalam lingkup ‘style.’

Beruntunglah kamu yang memiliki kumis.