Next Year: Gaya Klasik dengan Twist Kontemporer

Tentu saja, dengan trend yang terus berputar cepat, kita selalu bingung, cara berpakaian seperti apa lagi, potongan apa lagi, mix and match seperti apa lagi yang harus dicoba laki-laki. Semakin susah, karena sebagai laki-laki pilihan kita tak pernah lebih banyak dari perempuan. Selalu lebih sedikit. Selalu butuh referensi lebih, untuk memandang jauh ke depan mengenai men’s dressing.

Kali ini, kami ajak untuk melihat referensi yang agak lebih kontemporer. Tidak hanya setelan, kemeja, dasi, sapu tangan. Bukan flamboyan. Hanya, lebih progresif. Mungkin terlihat sangat ‘muda’ dan tidak sesuai bagi kamu yang menyukai gaya lebih klasik, but hey… fashion is about learning as well.

Melihat runway menswear spring summer 2015, styling yang lebih kontemporer namun tetap mempertahankan beberapa elemen klasik dari tampilan pakaian laki-laki, nampak akan jadi sesuatu yang besar tahun depan. Bahkan sampai beberapa tahun lagi.

Memiliki setelan hitam hitam yang sudah cukup sesuai dengan ukuran badanmu? bagaimana dengan siluet yang lebih ramping lagi, lebih rock and roll. Seperti setelan hitam hitam dari Saint Laureng spring summer 2015.  Di mana siluet kaki lebih mencekik, dan jas menyesuaikan. Hedi Slimane memang memberikan injeksi rock and roll yang besar sekali pada Saint Laurent, sejak ia mengambil alih bagian desain.

Punya coat nggak melulu satu warna. Kamu harus punya beberapa warna. Dan nggak melulu harus punya siluet coat yang ‘biasa.’ Ann Dmeulemeester misalnya. Menawarkan coat yang cukup kasual, sehingga terlihat seperti cardigan dengan panjang berlebih. Cocok dikenakan dengan chino, keds, dan kemeja putih kasualmu.

Maison Martin Margiela selalu menawarkan sesuatu yang avant garde. Kami menyukai coat-nya di runway spring summer 2015, yang mirip double breasted blazer, dalam warna biru, namun lebih panjang ke bawah. And you have a coat, there. Bahkan jatuh hingga ke separuh betis. Bila dikenakan dengan celana pendek, orang nggak akan tahu kamu memakai celana atau tidak di baliknya. Pilihan paling pas untuk tampil lebih kontemporer.

Sementara Lanvin, merilis coat super sleek dengan bagian lengan dibuat dari warna berbeda. Paduan hitam dan biru nggak pernah salah. Dengan skinny jeans, keds, dan tee shirt putih saja kamu sudah bisa tampil keren.

Celana pendek nampak masih populer tahun depan. Tapi kali ini, potongannya jauh lebih panjang – agak sedikit di atas lutut. Namun, tetap memiliki fitting ramping. Kenakan dengan bomber jacket hitam atau putih (seperti look pilihan kami, dari runway Todd Snyder spring 2015 di sini). Bisa kamu padankan dengan polo shirt putih, atau kemeja putih dan dasi untuk kesan preppy yang lebih kontemporer.

It’s all about contemporary classic next year, dan kami di sini menyukainya. Aksen yang lebih segar. Mungkin tidak akan cocok buat semua orang, tapi kamu selalu bisa mencobanya.

 

Foto: style.com

Saint Laurent, Lanvin, Todd Snyder, Maison Martin Margiela, Ann Demeulemeester spring summer 2015