Must Have: The Bomber Jacket

Bomber jacket melewati waktu yang begitu panjang. Dari menjadi identitas para prajurit di angkatan bersenjata, khususnya angkatan udara, menjadi salah satu fashion item paling klasik di tengah budaya populer.

Di dalam budaya populer-pun, bomber jacket awalnya hanya akrab di tengah budaya punk yang berkembang di awal 1970-an, kini menjadi salah satu must have untuk siapapun yang memahami style. Laki-laki maupun perempuan. Desainer bomber jacket telah menjadi begitu beragam. Dan pilihan materialnya semakin banyak.

Awalnya, tentu warna hijau army dari bahan nylon seperti yang banyak dipakai mereka yang bekerja di lingkup militer. Seiring perkembangan jaman, bomber jacket bisa ditemukan bahkan terbuat dari bahan kulit. Berwarna hitam, biru navy, hingga merah. Polos maupun dengan print – you can spot it on the runway during fashion week.

Bomber jacket sangat pas untuk dipakai dalam kesempatan-kesempatan non formal, namun padanan yang pas cukup bisa membuatnya dipakai bersama tailored pants dan dress shoes.  Satu hal tidak berubah, desain. Tangan yang agak puffy, pergelangan tangan yang elastis, sampai detail zipper di tangan sebelah kiri. Yang kini juga semakin divariasikan. You could spot the zipper in some parts of the jacket.

Yang pasti, di tengah pergantian musim dan cuaca tak bersahabat, bomber jacket yang biasanya terbuat dari bahan sangat ringan ini bisa masuk ke tas kerjamu dengan mudah.