Modern Retail: The Goods Dept 4th Store in Pictures

Bulan ini, The Goods Dept membuka toko mereka yang ke-4 di kawasan Mega Kuningan. Belum lama rasanya, saat para penggagas concept store ini memulai semuanya dengan The Brightspot market mereka. Tiba-tiba saja, mereka sudah memiliki 4 toko (online store mereka dinyatakan sebagai toko ketiga).

Diawali dengan keinginan untuk mengumpulkan label-label fashion lokal yang berkualitas di bawah satu atap, lahirlah The Goods Dept. Pada awal kemunculannya, bahkan hingga kini, concept store ini masih menjadi acuan bagaimana mendirikan retail business dengan pengaruh yang kuat pada desain, art, juga komunitas yang mendukungnya. Experience adalah yang mereka tawarkan. Cukup jelas dengan maksud tersebut, karena The Goods dept selalu mengedepankan desain yang begitu kuat. Desain-desain modern yang memang secara estetika, di jamannya, belum banyak, bahkan tidak ada.

Hingga kini, The Goods dept telah berkembang bukan hanya retail, namun ikut merambah F&B, dan terbukti cukup sukses. Bila tidak berbelanja, maka pelanggan akan duduk di Goods Cafe atau Goods Diner menikmati rainbow cake mereka yang populer, atau Baileys milkshake mereka yang juga sangat digemari itu. Karena itu pula, di toko ke-4 ini, bagian cafe semakin diperbesar untuk mengakomodir keinginan makan, minum, serta nongkrong pengunjung yang sebenarnya mungkin tidak begitu perlu belanja fashion tadi. Bagian cafe bahkan hampir separuh dari luas keseluruhan toko. Kami menyukai bagian sudut paling dalam cafe, dengan sentuhan nuansa hijau, paparan kaca panjang yang memberikan pemandangan keluar. Pasti akan jadi favorit.

Tidak aneh rasanya bila memberikan label para pendiri The Goods Dept sebagai the taste-maker. Mereka sudah mengedukasi banyak warga Jakarta akan kesenangan yang berkualitas. Label-label baru terus bermunculan dan ingin merasakan menjadi bagian dari The Goods Dept. Label-label yang sudah bergabung sejak awal juga masih bisa ditemukan di sana. Sehingga penggemar label-label lokal bisa menemukan produk-produk tersebut dengan mudah. Belum lagi, dukungan yang diberikan tempat ini pada komunitas-komunitas kreatif sehingga napas kreativitas mampu tumbuh bersama di tengah dinamika budaya urban dan pop di Jakarta yang semakin terkenal di kawasan Asia.

Harga-harga sebagian produk yang tersedia di sana memang cukup pricey. Tapi bila memikirkan bahwa yang mereka buat sedikit jumlahnya, hence the price is pretty high maka anggap saja pembelian kita adalah untuk sesuatu yang sudah dikurasi secara khusus. Jangan khawatir untuk menemukan seseorang yang memiliki barang sama denganmu. Catatan khusus, beberapa label luar negeri juga bisa ditemukan dalam jumlah khusus di toko ini. Termasuk independent brands dari negeri tetangga, seperti Singapura.

Menurut kami, pada akhirnya ini bukan masalah bisnis atau melulu fashion. Karena The Goods Dept sebenarnya memberikan sentuhan kreatifitas di titik-titik toko mereka berdiri. Independent spirit di tengah mass retail yang menciptakan keseragaman.

Comments

comments