Host Your Own X’Mas & Year End Party, Now!

Kamu adalah sebagian dari penduduk Ibukota (atau di manapun kamu) yang akhir tahun ini tidak bisa mengambil cuti dan (terpaksa) menghabiskan libur akhir tahun yang singkat sendirian? No worries, mate! Kini saatnya membuktikan kapabilitas sosialmu dengan menjadi si laki-laki modern yang bisa menjadi host sebuah private party – di tempatmu sendiri.

Of course, ini akan menjadi sangat mudah bila kamu punya tempat yang memadai untuk mengundang 10 sampai 15 orang. Jumlah itu tentu untuk mencegah keributan yang tidak diinginkan. Jumlah yang tepat pula untuk menikmati makan malam intim kemudian melanjutkannya dengan bergelas-gelas wine.

The first thing to do, undang teman-temanmu. Undang mereka yang ‘cool’ saja, dalam artian, bukan tipe yang suka pamer (selalu berbicara mengenai dirinya sendiri), yang kaku dan tidak bisa berbicara sama sekali, dan yang seperti itu. Bukannya pilih-pilih, hanya saja, untuk apa mengundang perusak pesta, No?

Pastikan ruang tamu di rumah, atau apartemenmu, memiliki ruang tamu yang memadai dengan jumlah tempat duduk yang cukup (meski di antara kalian pasti ada yang akan duduk di lantai atau berdiri). Bantal-bantal untuk duduk, karpet lembut di dekat coffee table. Misalnya.

Makanan dan minuman harus tersedia. Mulai dari ringan, sampai makanan berat. Bila kamu akan memasak daging untuk undanganmu, membuat mereka menunggu sesaat sampai main course dihidangkan tidak masalah. Menunggu itu juga jadi bagian seru dari sebuah undangan makan malam atau private party. Asal tahu saja.

Hidangkan juga kue-kue kecil atau canape. Bila ingin sesuatu yang berbeda ketimbang air mineral saja, coba sediakan air dengan potongan buah lemon. Sedang trend.

Pastikan suasana di ruang tamu makin intim, dengan playlist yang berisi lagu-lagu yang sesuai dengan tema makan malam. Taruh scented candles di coffee table dan beberapa sudut lain. Selain mempercantik ruangan, wanginya juga menjadi aksen tersendiri.

Dan paling penting, sebagai tuan rumah, kamu harus terlihat keren. Tampil rapi, meski di rumah sendiri untuk sebuah undangan makan malam berisi teman-teman dekat nggak dilarang. Justru kamu harus memperlihatkan bahwa host menghargai tamu-tamunya dengan berpakaian rapi.

Sambung perbincangan serumu dan teman-teman dekat sambil ditemani bergelas-gelas sparkling wine. Just sound about right.