Film Laga Terbaik Musim Panas Ini, Pacific Rim

Bagi penikmati film-film jenis ini, Pacific Rim adalah mimpi masa kecil yang menjadi kenyataan. Robot-robot yang bertarung dengan monster, tema yang sangat maskulin, dunia di ambang kehancuran. Premise yang selalu menjanjikan di film dengan semangat fiksi ilmiah.

Bagi penggemar sub culture Jepang, pasti sudah akrab dengan mahluk berjenis Kaiju yang dimunculkan dengan gaya amat brutal di film besutan Guillermo del Toro ini. Diceritakan, Kaiju-Kaiju muncul dari dasar lautan, melewati jembatan dimensi, untuk menguasai bumi. Untuk mempertahankan bumi, akhirnya negara-negara di dunia memulai program Jaeger.

Jaeger adalah robot-robot petarung yang diciptakan manusia (konon ukurannya setara dengan bangunan 25 lantai) untuk membasmi para Kaiju. Dan Jaeger-Jaeger ini tidak dikemudikan oleh sembarang orang. Hanya beberapa orang terpilih yang bisa membawa Jaeger mereka ke dalam aksi yang saling bersinergi. Pilot-pilot terpilih ini harus bisa ‘nyambung’ secara pikiran dan syaraf satu sama lain.

Apa yang diharapkan dari film seperti ini? Tentu hanya aksi smack down yang dilakukan para Jaeger melawan Kaiju. Efek visual sudah tidak perlu diragukan lagi. Sangat memuaskan. Karena itu, saksikan di teater IMAX atau paling tidak 3D. Bila pernah membaca komik AKIRA yang terkenal di akhir tahun 80-an, akan akrab sekali dengan feel dan detail yang ditawarkan Pacific Rim.  Masa depan yang belum terlalu jauh, namun sudah begitu mengkhawatirkan.

Sisi cerita? Tidak bisa terlalu diharapkan.  Karena film-film seperti ini memang tidak menawarkan kekuatan cerita. Nampaknya Guillermo del Toro sudah puas bila penontonnya senang dengan semua kehancuran yang dibuat Kaiju di kota, atau saat Jaeger melakukan aksi di tengah laut. Meski review film ini kebanyakan bagus, bahkan beberapa mengatakan Michael Bay (Transformers) harus belajar dari Guillermo bagaimana membuat film robot yang benar, tapi perolehan Box Office Pacific Rim belum bisa mengalahkan Despicable Me 2 di minggu pembukaannya. Kita lihat minggu depan.

Akankah ada sekuel? Sejauh ini baru 20% pemberitaan di media yang menunjukkan tanda-tanda Kaiju akan kembali menyerang bumi.