Exclusive Interview: Yoshi Sudarso

Menyambut film Indonesia baru bergenre laga, Buffalo Boys, MEN STYLE INDONESIA beruntung bisa berbincang dengan salah satu aktor utamanya. Aktor berusia 29 tahun, yang populer di tanah air karena membintangi serial Power Rangers di luar negeri, Yoshi Sudarso. Buffalo Boys jelas adalah film Indonesia yang sangat berbeda. Ada pertumpahan darah, ada senjata, ada kostum ala Cowboy yang tidak dekat dengan budaya Indonesia asli.

“Film ini ber-set waktu di sekitar abad 19, dan karakter saya adalah seorang imigran yang pulang kembali ke tanah air.  Ada pertemuan banyak budaya di sana,” buka Yoshi yang untuk tujuan pembuatan film ini, juga promosinya harus bolak-balik Amerika, Indonesia. Setidaknya Yoshi membutuhkan waktu 3 bulan untuk merampungkan film ini. Persiapan satu bulan, sebulan pengambilan gambar di Yogyakarta (di mana tim produksi secara khusus membangun set sebuah desa imajiner dari nol), dan sebulan di Batam.

Berperan sebagai Suwo, karakter yang lahir di Indonesia, pergi ke Amerika, tapi harus kembali lagi ke tanah air untuk sebuah misi, film ini nampak menjadi sebuah jodoh bagi Yoshi. Bukan hanya karakter yang punya latar belakang mirip, Yoshi bercerita dirinya adalah aktor terakhir yang bergabung dengan seluruh pemain, tapi tema cowboy di film ini punya hubungan erat dengan salah satu pekerjaan Yoshi di awal karier dunia hiburan profesionalnya di Amerika. “Saya sempat berperan sebagai cowboy di sebuah pertunjukkan panggung, harus berakting, juga melakukan stunt, termasuk gun sling (memutar-mutar senjata). Saya banyak mencoba gun sling, tapi berapa banyak yang kemudian muncul di film saya tidak tahu,” tambahnya.

Mencoba banyak jenis olahraga, tidak heran aktor muda yang sudah menikah ini, punya tubuh fit yang tak jarang ia tunjukkan di feed Instagram. “Saya melakukan banyak jenis olahraga, rasanya yang saya tidak bisa cuma tennis,” kelakarnya. Punya tubuh fit dan pantas untuk berperan di sebuah serial laga mungkin juga jadi alasan utama sampai akhirnya Yoshi kemudian terpilh memerankan Ranger Biru di serial Power Rangers Dino Charge dari 2015 hingga 2016 lalu.

Dan sebagai tambahan informasi, adik Yoshi, Peter Adrian Sudarso adalah seorang aktor yang juga berperan sebagai Power Rangers di serial Power Rangers HypeForce. Menurut IMDB, Yoshi sempat muncul di serial ini sebanyak 9 episode sebagai Green Ranger. Untuk negara yang sempat menayangkan Power Rangers di era 90an, keberadaan nama-nama asal Indonesia di film ini tentu jadi kebanggaan dan dengan cepat menjadi tajuk berita utama di mana-mana.

“Film ini punya keindahan tersendiri. Sesuatu yang baru untuk film Indonesia. Ada banyak ledakan, laga, pertumpahan darah, tapi juga drama,’ Jelas Yoshi yang sangat bersemangat untuk kembali ke Indonesia dan bekerja di film Indonesia pertamanya. Selain fakta bahwa ia sangat merindukan makanan Indonesia, ini film Indonesia pertama di mana ia menjadi bintang utama, dan juga akan menjalani penayangan perdana dengan skala besar. Sesuatu yang sangat ia syukuri dan nantikan. “Saya senang diterima dengan baik di negara ini. Karena di Amerika saya adalah imigran, dan saat saya kembali ke Indonesia, tentu ada orang yang akan melihat saya berbeda.”

Foto: Windy Sucipto

Styled by: Wisnu Genu

Wardrobe: H&M

 

Comments

comments