Bercukur ala Laki-Laki Modern

Setahun belakangan, pergi ke tukang cukur tidak akan pernah sama bagi kita, laki-laki modern.

Laki-laki modern yang sadar dengan model rambut yang pantas untuk kita. Model rambut yang membuat penampilan kita bisa di-upgrade. Model rambut yang juga, untuk sebagian orang bisa menambah kharisma. Kenapa begitu?

Seperti fashion, ternyata model rambut pun bisa berputar trend-nya. Beberapa tahun terakhir, model rambut era 30 sampai 50an ternyata kembali digemari. Seiring model rambut yang sayangnya, akhirnya membuat banyak orang berpenampilan mirip (hanya karena model rambut yang serupa) itu, akhirnya beberapa orang membantu kebanyakan laki-laki seperti kita, dengan menyediakan tempat potong (cukur) rambut yang khusus untuk laki-laki.

Bila untuk pakaian ada tukang jahit yang bisa membuatkan bespoke suit yang sangat customized (sesuai pesanan), maka dengan adanya barbershop, maka penampilan rambut laki-lakipun bergerak ke arah serupa. Semacam bespoke hair style. Dan sebenarnya, nggak cuma hair style yang mendapat perlakuan khusus dari barber shop-barber shop yang kini memenuhi kota-kota besar.

Saat pergi ke barbershop, selain meminta model rambut yang diinginkan, kamu juga bisa meminta perawatan untuk rambut-rambut yang tumbuh di wajah. Jika ke salon umum, belum tentu permintaan seperti ini bisa dipenuhi. Dan saat kita pergi ke barbershop, tentu penanganan yang kita dapatkan memang akan sangat berbeda dari salon kebanyakan.

Dari sentuhan handuk panas setelah rambut dicukur (dipangkas), pijatan, pemberian pelembab yang sesuai sesudah bercukur sampai aftershave. Tapi, kami belum melakukan pengamatan sampai sejauh mana barbershop di Jakarta memberikan pelayanannya. Aftershave nampak cukup premium, dan belum berlaku di banyak tempat.

Dengan subkultur di perkotaan yang sedang berkembang, dan menemukan banyak penggemar di laki-laki yang up to date dengan perkembangan terkini gaya hidup, barbershop modern ini rata-rata hadir dengan kemasan vintage, rustic, industrial (hampir mirip kemasannya). Memiliki tukang cukur yang diberi pakaian bertema sama dengan tempat cukur rambut yang bersangkutan. Beberapa tempat cukur rambut yang cukup hip, dan dikejar para hipster, bahkan sanggup menyediakan tukang cukur berbadan bagus dan bertato. Persis seperti di masa lalu. Its by choice, anyway.

Tukang cukur, barbershop, tukang pangkas rambut, atau apapun sebutannya, tempat-tempat seperti ini memang dibutuhkan laki-laki. Kita butuh tatanan, gaya rambut yang memang maskulin, dibuat oleh tukang pangkas yang juga laki-laki dan mengerti model rambut laki-laki. Tempat-tempat yang secara khusus menyiapkan diri untuk memberikan potongan rambut yang laki-laki inginkan. Tidak salah bila model rambut yang kamu inginkan sedang populer, lalu itu membuatmu mirip dengan banyak laki-laki lain. Bila cocok, kenapa tidak? Kalau kamu menyukainya, kenapa tidak?

But then again, if you have enough hair on your head agar bisa memiliki model rambut tertentu, berkonsultasilah dengan tukang cukur di tempat langgananmu. Laki-laki yang punya masalah kebotakan dini tentu memiliki pilihan sangat terbatas. The good thing is, saat kamu keluar dari tukang cukur kamu merasa sudah pergi ke tempat yang benar. You went to a place where guys, straight or gay, look for a guy’s haircut – by a hairdresser, who are also guys and knew how to work with their scissors.

Tips saat bersiap pergi ke tukang cukur favorit atau yang sedang banyak dibicarakan orang:

  • Pastikan rambutmu cukup banyak untuk meminta model rambut favorit
  • Pastikan kamu paham model rambut seperti apa yang diinginkan. Bagian belakang kepala harus dicukur seperti apa, di atas telinga harus setipis apa, sampai poni bagian depan perlu dirombak atau tidak. Pastikan tukang cukurmu paham apa yang kamu minta
  • Bila janggut atau cambang perlu dirapihkan, rapihkan saja. Bila ingin janggut dan cambang jadi cirikhasmu, mungkin hanya perlu ditata sedikit
  • Beda tukang cukur (barbershop) beda pula pelayanan yang mereka tawarkan. Ada tukang cukur yang menyediakan model rambut yang diminta melalui iPad. Cukup tech savy, kan?
  • Ingin terlihat klimis, macho, flamboyan? model rambut sangat menentukan, jadi pilih model rambutmu dengan bijak. But, do have fun
  • Angga Dharma Poetra

    Mantep gan , gua juga suka banget nih cuting hair yang kayak gini.. gua ada referensi tempat cuting hair yg bagus dan terjangkau nih @DmensBarber :D