Art Report : The Majestic Jewelries of Jean – Franchoise Fichot

Hanya semalam, beberapa koleksi terbatas perhiasan memukau karya seniman almarhum Jean – Franchoise Fichot dipamerkan di Biasa Art Space, Kemang, Jakarta Selatan. Pameran yang cukup eksklusif itu dihadiri media, teman, kolega dan tentunya kolektor barang-barang seni.

Bernaung di bawah label JFF, memang susah melihat karya-karya Mr. Fichot sebagai perhiasan. Kreasi-kreasinya selama tinggal di Bali 30 tahun terakhir, sebelum akhirnya ia wafat di Kuba tahun 2011 lalu karena kecelakaan, lebih kami anggap karya seni bernilai sakral. Detail, material pembuatan, dan begitu sophisticated-nya benda-benda seni itu merefleksikan sejarah panjang imajinasi, kreatifitas, dan apresiasi seorang Fichot pada perjalanan hidupnya di jalur sutera.

Belum pernah dibawa keluar Bali sebelumnya, untuk pertama kalinya, lewat manajemen baru yang kini dikepalai oleh keponakan Mr. Fichot, perhiasan-perhiasan tersebut dipertunjukkan kepada publik yang tentu saja berminat. Wafatnya Mr. Fichot, menurut pihak manajemen, tidak boleh jadi akhir dari perjalanan kreativitas beliau. Dengan bantuan sketsa-sketsa almarhum yang masih tersimpan, akan dibuat items baru yang terus menjaga falsafah karya Mr. Fichot. These precious and rare jewelries are also for sale.